Wednesday 4 November 2015

cuaca dan iklim [kelas 3 SD]

CUACA DAN IKLIM
Tema 3 Sub 2
CUACA DAN IKLIM

Pengertian Cuaca dan Iklim serta Perbedaannya 
A. Cuaca . Pengertian Cuaca adalah keadaan udara pada suatu tempat. Oleh sebab itu, sering terjadi suatu tempat udara berawan atau hujan turun lebat, tetapi di tempat yang lain cuaca terang benderang. Dari hasil pengamatan cuaca yang dilakukan secara terus menerus oleh badan meteorologi dan Geofisika (BMG) yang berpusat di jakarta.

Badan Meterologi dan Geofisika bertugas menyelidiki dan mencatat keadaan udara seperti suhu udara, temperatur udara, tekanan udara, keadaan awan, dan curah hujan. Badan meterologi dan Geofisika memiliki stasiun-stasiun pengamatan cuaca yang tersear di berbagai tempat di Indonesia. Ilmu yang mempelajari cuaca dinamakan Meteorologi. 

B. Iklim. 
Pengertian iklim adalah keadaan rata-rata cuaca pada suatu daerah yang luas dan ditentukan berdasarkan perhitungan dalam suatu daerah yang luas dan ditentukan berdasarkan perhitungan dalam waktu lama ( sekitar 11-30 tahun).

Iklim banyak dipengaruhi wilayah indonesia adalah iklim tropik, iklim musim, dan iklim laut. Setiap diberbagai  wilayah memiliki iklim ditentukan seperti gambar ada ada disamping. 
 
 
C. Perbedaan Antara Cuaca dan Iklim. Perbedaan antara Cuaca dan iklim terletak pada luas daerah liputan dan lamanya waktu pengamatan. Cuaca dikenal sebagai keadaan udara setempat yang memiliki wilayah cakupan  yang lebih sempit dibandingkan dengan iklim yang meliputih wilayah yang luas. Keadaan cuaca ditentukan dengan pengamatan yang singkat (24 Jam ), sementara keadaan iklim ditentukan setelah melalui pengamatan yang lama. Ilmu yang mempelajari tentang iklim ialah Klimatologi
 
IKLIM

PENGARUH IKLIM

4 comments:

  1. Terima Kasih materinya Pak Guru, ini sangat membantu saya sebagai guru IPS SMP yang harus memberikan pemahaman materi tentang Cuaca dan Iklim.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih kak atas bantuannya aku menjadi faham tentang perbedaan antara iklim dan cuaca

    ReplyDelete